Penyebab Umum Kehilangan Data Hard Disk Komputer

Data yang kami simpan di komputer kami disimpan di hard drive.

Seiring waktu, drive dapat mengalami keausan yang biasa, membuatnya rentan terhadap kerusakan dan kegagalan (seperti bagian yang bergerak cepat yang digunakan selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun).

Mari kita periksa beberapa penyebab umum hilangnya data

  1. Masalah perangkat keras atau kerusakan fisik pada hard drive. Salah satu penyebab hilangnya data yang paling umum adalah masalah perangkat keras. Hard disk dapat menderita bad sector, yang dapat rusak secara fisik. Setelah rusak, jarum, yang membaca hard disk, tidak bisa lagi membaca bad sector ini. Kerusakan fisik seperti trauma pada drive juga dapat menyebabkan hilangnya informasi. Saat drive tidak lagi terbuka atau boot, maka data tidak bisa lagi dibaca, menyebabkan kerugian besar kecuali pulih. Kerusakan fisik dapat terjadi ketika Anda menjatuhkan hard disk, atau menumpahkan air atau cairan apa pun di dalamnya.

  2. Pemadaman listrik atau interupsi. Komputer memiliki dua jenis memori – Random Access Memory (RAM), yang menyimpan data sementara, dan hard drive, yang menyimpan data permanen atau disimpan. Dalam kasus gangguan listrik atau pemadaman listrik, data dalam memori sementara atau RAM biasanya hilang. Namun dalam kasus yang parah, bahkan data yang disimpan dalam hard disk dapat rusak atau hilang karena gangguan daya. Korupsi atau hilangnya file mungkin karena membaca data yang benar terganggu dari drive ke RAM. Selain gangguan listrik, panas yang ekstrim juga dapat menyebabkan komputer mati, yang juga dapat menyebabkan hilangnya data. Penghentian yang tidak benar juga dapat menyebabkan kerugian karena alasan yang sama yang disebutkan di atas.
  3. Pengeluaran yang tidak tepat dari perangkat yang dapat dilepas (drive USB dll) – Pelepasan yang tidak tepat juga dapat menyebabkan kehilangan data. Perangkat mungkin masih membaca data ketika pengguna secara tiba-tiba menghapus atau mengeluarkan hard drive, seperti ketika ada pemadaman listrik atau interupsi segera. Ini adalah alasan mengapa Anda harus selalu mengeluarkan drive eksternal Anda dengan aman.
  4. Virus komputer. Ada banyak virus komputer yang dapat menginfeksi komputer dan menyebabkan kehilangan data. Mengunduh file dari internet dapat mengekspos komputer Anda ke virus dan malware. Virus Trojan menyerang data di hard drive komputer, membuatnya rentan terhadap peretas dan virus lainnya. Virus seperti ini dapat menyebabkan kehilangan informasi / data juga.
  5. Pemrograman yang buruk – Seorang programmer mengkodekan instruksi manusia ke dalam bahasa yang dapat dibaca oleh sistem komputer. Dalam kasus ketika seorang programmer melakukan kesalahan logis atau secara salah mengeksekusi program, ia dapat menghapus file yang ada di komputer. Kesalahan logis oleh programmer juga kadang-kadang dapat menyebabkan hilangnya data.

Apa lagi yang bisa Anda lakukan untuk bersikap proaktif dalam mengamankan data dan mencegah frustrasi di telepon? 6 tips untuk mencegah kehilangan data